Selasa, 22 April 2014

WISATA BENDUNGAN GERAK WARU TURI KEDIRI


                                                                              
Oleh : Dwi Hariyanti
          10.1.01.07.0052

              

        Salah satu objek wisata yang ada di Kediri adalah Bendungan Gerak Waru Turi yang tempatnya ada di kabupaten Kediri.  Taman wisata ini berada sebelah utara ± 15 km, ± 10 menit dari kota Kediri, tepatnya di Desa Gampeng, kecamatan Gampengrejo, kabupaten Kediri. Panjang bendungan yang 159 meter digunakan sebagai pengendali air sungai Brantas, dan sebagai tempat wisata, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas wisata.  Diantaranya adalah kolam renang, lapangan golf, tempat bermain anak, outbond, taman bunga teratai, kereta kelinci yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk mengelilingi area wisata bendungan.
          Selain letaknya yang strategis, lokasinya pun luas serta ditumbuhinya banyak pepohonan yang rindang sehingga membuat pengunjung betah dilokasi wisata tersebut. Area wisata yang luas membuat pengunjung bisa masuk dengan membawa kendaraan baik kendaraan roda dua atau kendaraan roda 4. Tiket masuknya pun relatif murah, mulai februari 2014 sampai sekarang harga tiket masuk antara hari libur dengan hari-hari biasa harganya sama yaitu untuk 2 orang + parkir sepeda montor, Rp 11.000. Setiap harinya wisata bendungan Gerak Waru Turi ini dibuka pada pukul 08.00 pagi sampai pukul 17.00. Tempat wisata ini dikelola oleh BUMN.
          Di area wisata ini terdapat kolam renang. Kolam renang buka setiap hari antara pukul 08.00 – 16.00. Harga tiket masuk ke kolam renang tidak termasuk harga tiket masuk ke area bendungan. Dikolam renang terdapat kolam renang untuk dewasa dan kolam renang untuk anak-anak. Dengan pemandangan yang alami membuat kolam renang itu tambah nyaman dan asri. Disekitar kolam renang ditanami pohon yang menjalar, daunnya kecil-kecil tapi tumbuhnya menjalar di atas bangunan sekitar kolam renang.
          Selain kolam renang terdapat juga taman teratai. Taman teratai yang luas serta pepohonan yang rindang membuat pengunjung yang makan diwarung lesehan sekitar taman bunga teratai dapat menikmati keindahan taman bunga sambil menikmati makanan yang dipesan.
          Bendungan Gerak Waru Turi merupakan bendungan yang seringkali dipergunakan untuk mengatur pengairan irigasi bagi area persawahan milik warga sekitar lokasi sekaligus sebagai kontrol debit air . Air bendungan yang deras dengan pemandangan yang indah dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas membuat bendungan Gerak Waru Turi dikunjungi banyak pengunjung. Selain bendungan air disekitar wisata juga terdapat fasilitas lapangan golf. Menurut Ibu Dewi bagian keuangan untuk sementara ini lapangan golf jarang digunakan karena kurang banyak peminatnya.
          Akibat gunung kelud kemarin ternyata membawa dapak bagi wisata bendungan Gerak Waru Turi. Fasilitas seperti kebun binatang, banyak hewan-hewannya yang kabur dari kandangnya sehingga yang ada tinggal monyet, burung kaswari, dan burung merak. Seperti halnya dengan outbond, outbond ditepat wisata ini belum bisa digunakan karena terkena imbas dari gunung  kelud. Outbond  bisa dipakai lagi setelah ada perbaikan dari pengelola wisata.
     Setelah kita menikmati fasilitas-fasilitas yang disediakan, kita juga bisa berputar-putar mengelilingi tempat wisata dengan menggunakan kereta kelinci. Dengan kereta kerinci kita bisa sepuasnya menikmati pemandangan yang ada di Bendungan Gerak Waru Turi. Kita tidak perlu lagi-lagi capek-capek untuk melihat-lihat pemandangan yang ada di sekitar bendungan karena lokasinya yang luas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar